Monday, April 30, 2012

Cosplay

Saya ini peminat cosplay loh.. :3 (kaga ada nanya). NOW! I wanna tell you about cosplay, why I like cosplay, and why.. bla bla bla~
Cosplay (costume play) itu adalah.. bisa dibilang tradisi Jepang meniru pakaian, fisik, sampai sifat suatu tokoh kartun (kebanyakan tokoh kartun Jepang (anime)). Yang kemudian tradisi tsb menular sampai ke pelosok dunia.
Keperluan cosplay tidaklah sedikit, banyak dan butuh biaya. Butuh (yg paling utama) kostum, kostum bisa didapat dengan cara bikin sendiri atau beli, lalu (bila perlu) wig atau rambut palsu, karena kebanyakan tokoh kartun itu warna dan gaya rambutnya aneh-aneh. Kalian bisa dapat wig di salon, tapi wig yg tersedia di salon kurang bervariasi. Kalian bisa menemukan bermacam wig bahkan wig khusus untuk cosplay di toko online. Di fb (facebook) contohnya, ada banyak sekali toko online yg menyediakan wig dan kostum.
Make up juga penting dan perlu untuk cosplay loh, karena dengan make up, paras dari tokoh yg akan kita cosplay menjadi lebih terpancar. Jangan hanya bermodal wajah yg bersih ya teman-temin! -w-
Yang terakhir adalah Skills. Skills ini sangatlah penting, bertujuan untuk menunjukkan kemampuanmu memerankan tokoh yg kalian cosplay! jangan dianggap remeh! orang yg cosplay tanpa tahu sifat, perilaku dan identitas tokoh tidak pantas disebut cosplay!

Nah, diatas adalah beberapa hal yg saya tahu tentang cosplay, moga bisa membantu kalian yg pemula dalam dunia cosplay~ (saya juga pemula sih.. hehe). Sekarang lanjut tentang saya~ (bila menurut kalian tidak penting, tidak usah dibaca ya~) XD
Minat saya terhadap cosplay dimulai bulan Oktober 2011, tepatnya tanggal 16. Saat itu ada event Jepang di Universitas Sastra, salah satu kegiatannya adalah cosplay. Saya iseng aja tuh ikutan cosplay (tapi ngga ikutan lomba), waktu itu saya masih abal banget cosplaynya, wig dan make up aja ngga pake (wah wah wah, maklum ya teman-temin! itu adalah cosplay pertama saya. pemula~ pemula~). Waktu itu saya cosplay jadi fem!Canada dari Hetalia :D
Setelah event itu, saya jadi ketagihan cosplay deh~ cosplay itu seru! Project (proyek) yg saya kerjakan kali ini adalah Hetalia, saya jadi Taiwan bersama teman saya si A yg jadi Vietnam.

No comments:

Post a Comment